Kamis, 02 Agustus 2012

0 CATATAN KAKI SEORANG TEMAN part II


Journal, Poor Richard’s Almanac by Benjamin Franklin
Rully Setiyadi J

          Poor richard almanac merupakan sebuah almanac yang dicetak secara terus menerus dari tahun 1732- 1757, dan merupakan salah satu yang paling populer di amerika, khususnya philadelphia. Sebenarnya, poor richard almanac merupakan almanac yang berisikan banyak sekali informasi- informasi, bukan hanya tanggal, cuaca, dan hal – hal astronomi saja yang seperti halnya almanac yang terdapat di mesir , akan tetapi berisikan juga kata- kata bijak, statistik - statistik penting, humor - humor, bait – bait fiksi, dll.
           Poor richard almanac, sangat disukai masyarakat amerika salah satunya dikarenakan almanac ini ditulis dalam bentukan prosa, bergaya prosaik. Seperti telah diungkap diatas, bahwa almanac karya Richard Saunders yang di edit oleh benjamin franklin ini juga berisikan kata – kata bijak dalam banyak hal, seperti dunia medis, dan juga bisnis. Menurut interpretasi saya, benjamin franklin mengenal dunia bisnis bukanlah hal yang mengherankan, memang dia bukanlah seorang yang memakan cukup banyak ilmu disekolah, akan tetapi, dia memiliki banyak pengalaman dari sejak kecilnya dalam dunia perdagangan,khusunya percetakan.
              Hal yang menjadi pertanyaan, mengapa jika penulis dari almanac ini adalah Benjamin franklin, tetapi judul almanac nya Poor Richard’d almanac? Jawaban saya adalah, almanac ini merpakan karya dari seseorang yang tak terdidik akan tetapi berpengalaman kuat, yaitu Richard saunders sebagai authornya. Dan, Benjamin Franklin hanyal orang yang meng edit karya ini, kemudian di publikasikan olehnya sepanjang tahun 1732 – 1757.

0 komentar:

Posting Komentar

 

World of Mine Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates