Rabu, 08 Agustus 2012

0 Catatan kaki seorang teman Part iii



Between Malacca and the Genting Highlands


                Sang penulis  menceritakan tentang penelitian Islam yang dilakukan di Malaka. ini adalah pengalaman sang penulis ketika belajar di Kuala Lumpur, Malaysia, yang pada awalnya sang penulis mengunjungi malaka hanya untuk suatu kepentingan, yaitu meneliti sejarah nama Malaka.
                Tulisan ini lebih menceritakan tentang bagaimana keadaan di Malaysia baik dari tempat, dan pengalaman-pengalaman pengarang selama di Malaysia yang ia mulai sejak memasuki Universitas, di kuala Lumpur sebagai seorang siswa politik. Dia menemukan perbedaan politik antara Cina dan Malaysia. kemudian ia bertemu dengan Anwar Ibrahim dan organisasi siswa muslim dan membicarakan tentang nasionalisme dan Islam. setelah selesai dia beralih ke United State dan dia tinggal bersama orang Afrika lalu membandingkan antara perkembangan negara Afrika dengan Malaysia kemudian ia berpendapat bahwa menjadi seorang muslim di sana lebih sulit, karena banyak aturan-aturan tidak sama, dan aturan-aturan Islam sangat selektif terhadap cara gaya hidup dan pergaulan diluar Non-Islam seperti yang dinyatakan penulis tentang perbandingannya antara kehidupan orang-orang Islam dan gaya hidup orang Amerika, dan orang Amerika tidak peduli tentang agama mereka menganggap uang sebagai agama dan seks sebagai Nabi. Kemudian dalam masalah makanan pun orang Amerika lebih memandang dari segi kualitas dan kenikmatannya saja, tapi dalam aturan Islam, Islam menjaga Makanan dari hal-hal yang dilarang oleh agama, arena tidak semua yang enak itu baik, Kemudian makanan dilihat dari cara pengolahannya Islam lebih hati-hati dan selektif.
                Tidak lama kemudian ketika ia berada di Cicago dengan beberapa Yahudi, orang-orang Negro dan orang-orang Amerika dan melakukan diskusi tentang Islam, disana diterangkan juga tentang makna kebudayaan yang bukan hanya berarti menyangkut pembangunan, namun bisa juga terhadap peran setiap orang dan sebaginya. Dan pada dasarnya setiap orang berpendapat bahwa manusia hidup di bawah naungan masalah keuangan dan hawa nafsu setelah itu manusia mencoba terjun ke dalam dunia bisnis dan berusaha untuk menjadi seorang yang berhasil, namun semua itu menjadi kendala karena para pekerja di Cina sering terjadi bentrok antara Malaysia, karena dalam aturan Islam yang sebenarnya tujuan hidup itu bukan hanya tentang keduniawian, tetapi ada aturan Islam yang mengikat agar kehidupan itu seimbang.

Setting:
Penelitian ini bertempat di Kuala Lumpur Malaysia, JFK airport dan daerah-daerah lain di Malaysia.
Tema:
Seperti halnya makalah-makalah yang lain tulisan ini juga masih menceritakan tentang kebudayaan muslim yang konserpatif yang ada di suatu wilayah, kemudian perbandingan dengan kebudayaan non-muslim dan penelitian ini dilakukan dengan sosialisasi.
Karakter:
Ø Sang penulis adalah seorang yang memiliki banyak pengalaman selama di Malaysia dan selalu mencari tahu tentang kebudayaan-kebudayaan Islam walaupun ia sama sekali bukan seorang muslim.
Ø Anwar Ibrahim adalah seorang yang memiliki banyak pengetahuan tenyang masalah-masalah ke-Islaman dan dia seorang pemandu bagi sang penulis untuk berbagi pengalaman tentang Islam.
Ø Wife adalah istri sang penulis. Di dalam tulisan ini diceritakan juga peran istri sang penulis yang berasal dari keluarga sederhana
Summary:
Between Malacca and the Ganting Highlands menceritakan tentang sebuah pengalaman dari seorang pencerita selama ia menjalani hidupnya di Malaysia. Berbagai permasalahan muncul, diawali ketika ia menjadi mahasiswa politik di Universitas di Malaysia. Politik tersebut telah dibandingkan dengan politik di Malaysia. Selain itu ia pergi mengunjungi berbagai tempat di Malaysia yang mana ia malah merasakan tentang aturan ke agamaan yang kuat yang berbeda dengan satu negara di sana.
Banyak lagi pengalaman-pengalaman yang terjadi selama penulis berada di Malaysia. Ketika ia mampu beradaptasi dengan kehidupan dan kebudayaan di sana ia akhirnya menikah dengan seorang perempuan yang berasal dari keluarga sederhana. Dan dia juga mendapat pengalaman tentang seorang hindu yang ingin pergi ke Malaka dan akhirnya dalam cerita itu juga dibahas tentang bagaimana perjalanan menuju Ganting Highlands.

0 komentar:

Posting Komentar

 

World of Mine Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates