Selasa, 14 Agustus 2012

0 MODEST PROPOSAL KARYA JONATHAN SWIFT DAN NATURAL SELECTION KARYA CHARLES DARWIN. DUA KARYA TERSEBUT SANGAT BERNILAI

           The Origin of Species karya Charles Darwin pada chapter IV:Natural Selection ini menceritakan mengenai eksistensi makhluk hidup dimana akan terjadi perubahan-perubahan di dalamnya baik dalam segi fisik maupun hal lainnya. Tulisan ini menurut saya sebetulnya belum bisa dikatakan sebagai karya ilmiah karena masih menggunkan pengandaian san sepertinya Darwin sengaja membuat tulisan tentang ala mini hanya dengan pendapat pribadinya saja dan bukan hasil dari penelitian dimana seorang ilmuan mencari tahu kebenaran akan sesuatu. Hal ini berbeda dengan Darwin yag selalu menggunakan pendapanya dalam menyampaikan tulisan ini seperti kutipan dari salah satu pendapatnya seperti di bawah ini:

HOW will the struggle for existence, discussed too briefly in the last chapter, act in regard to variation? Can the principle of selection, which we have seen is so potent in the hands of man, apply in nature? I think we shall see that it can act most effectually. 

            Dari kutipan diatas, mungkin sudah cukup mewakili bahwa yang ditulis oleh Darwin masih merupakan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimana kepastiannya masih belum teratasi. Hal ini mungkin menjadi bagian yang paling ekstrim diman hancurnya teori Darwin ini. Namun apabila dikaji ulang mungkin beberapa diantara yang ia utarakan terdapat kebenaran mengenai eksistensi makhluk hidup khususnya manusia yang menjadi bagian populasi terbesar di dunia. Dalam hal ini, Darwin menjelaskan mengenai pola perubahan Manusia yang terjadi yang sesuai dengan rentetan waktu yang cukup lama yang dipengaruhi juga dengan iklim dan lingkungan dimana mereka tinggal. Hal ini dijelaskan oleh Darwin pada kutipan berikut:

WE shall best understand the probable course of natural selection by taking the case of a country undergoing some physical change, for instance, of climate. The proportional numbers of its inhabitants would almost immediately undergo a change, and some species might become extinct. We may conclude, from what we have seen of the intimate and complex manner in which the inhabitants of each country are bound together, that any change in the numerical proportions of some of the inhabitants, independently of the change of climate itself, would most seriously affect many of the others. If the country were open on its borders, new forms would certainly immigrate, and this also would seriously disturb the relations of some of the former inhabitants.

          Dari kutipan diatas jelas bahwa Hal yang terjadi itu merupakan suatu kebenaran yang sudah terjadi dan sudah disaksikan kebenaran tersebut memang benar-benar terjadi. Oleh karena itu Darwin tidak lagi menggunakan pendapatnya untuk menyampaikan hal ini namun justru dengan menggunakan kata “Kami” dimana semua orang pun menyaksikan bahwa benar manusia pun berubah dari segi fisik maupun karakter karena adanya proses perkawinan antar wilayah dan inilah proses seleksi alam yang benar-benar terjadi dan disaksikan kebenarannya.
            Natural Selection by Charles Darwin salah satunya membicarakan tentang eksistensi evolusi seleksi alam yang di latar belakangi oleh bidang keilmuan biologi. Dari sana lah berangkat bahwa Charles Darwin merupakan salah satu orang yang keluar tanpa memperhatikan struktur perangkat kebudayaan. Natural Selection, Chapter IV by Charles Darwin. Membahas mahakarya dari robert charles darwin tentunya merupakan suatu hal yang sangat menarik ataupun membingungkan sama sekali. Menarik jika, kita memiliki latarbelakang keilmuan dibidang biologi yang cukup. Sebaliknya, karya ini juga sangat membingungkan bagi siapa saja yang tak memiliki latarbelakang pengetahuan dalam bidang keilmuan biologi yang cukup, itu lah. Tapi, tak ada salahnya untuk beberapa waktu berkonsentrasi pada text ini.
“We may feel sure that any variation in the least degree injurious would be rigidly destroyed. This preservation of favorable variations and the rejection of injurious variations, I call Natural Selection. Variations neither useful nor injurious would not be affected by natural selection, and would be left a fluctuating element.”

       Potongan paragraf diatas menjelaskan secara sepintas, atau singkat mengenai apa itu natural selection. Pada kalimat kedua diatas disebutkan bahwa natural selection itu terdiri dari pemeliharaan variasi – variasi yang menguntungkan dan penolakan variasi – variasi yang merugikan. 
***  
         Modest Proposal karya jonathan swift ini menggambarkan keadaan Irlandia pada saat itu, yang coba diungkapkan oleh Swift. Hal ini menjadi sangat penting karena dalam menganalisa tema dari suatu karya, banyak hal yang harus kita lihat, selain mungkin gambaran karakterisasi, tokoh, setting, tentu saja jalan ceritannya haruslah menjadi salah satu konsentrasi dalam menentukan tema. Tema dalam suatu karya itu dibangun melalui text yang tersebar pada unsur – unsur intrinsik karya tersebut, seperti karakter, karakterisasi, setting, plot, dll. Berikut adalah sekilas mengenai rangkaian plot yang dirangkaikan Jonathan Swift pada the Modest Proposal. Dalam karyanya ini, Swift menggunakan karakter dengan karakterisasi yang berlatar belakangkan ekonomi lemah, nantinya dapat kita lihat bagaimana saran – saran Swift mengenai cara mengurangi kemiskinanpun menjadi kontropersial sekali dalam text ini. Salah satu saran yang diberikan Swift untuk mengurangi kemiskinan di Irlandia salah satunya adalah menjual anak – anak dari golongan miskin untuk dijadikan makanan bagi orang kaya. Selain hal itu, Swift juga mengatakan bahwa dengan penjualan anak – anak ini, bukan hanya populasi di negara Irlandia akan berkurang, akan tetapi orang – orang miskin akan mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan setiap anaknya. Dan memang, yang sebenarnya menjadi masalah yang ingin diangkat Swift, yang sebenarnya terjadi di Irlandia itu adalah kemiskinan dan jumlah populasi yang terus meningkat. Hal ini merupakan sedikit gambaran mengenai kekacauan ekonomi yang terjadi di Irladia pada saat itu. Dari sedikit rangkaian plot tersebut muncul satu tema, yaitu Swift sepertinya ingin mengangkat tema ekonomi dan sosial yang sedang terjadi di negaranya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

World of Mine Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates