Selasa, 31 Juli 2012

0 catatan kaki seorang teman

PROPOSAL PENELITIAN RESPON PEMBACA NOVEL
AYAT-AYAT CINTA
Karya : Habiburrahman El Shirazi



Fenomena Ayat-ayat Cinta bagi Masyarakat Muslim Indonesia di Kota Bandung
(Telaah ilmiah tentang pengaruh positif beredarnya novel Ayat-ayat Cinta terhadap gaya hidup dan paradigm social masyarakat muslim Indonesia)
Oleh: Muhammad Muhardi

Wacana : Telaah ilmiah terhadap Nilai Budaya, Etika, dan pengaruh positif Aspek-aspek Budaya Timur-Tengah khususnya Negara Islam dan perilaku Islami terhadap Masyarakat Muslim Indonesia.

1. Latar Belakang
Masyarakat muslim Indonesia merupakan sekelompok bahkan komunitas terbesar dan mayoritas penduduk negeri ini, yang sebenarnya memiliki tujuan hidup mencontoh pembawa ajaran Islam, yaitu Rasulullah Saw. Namun ditengah marak dan bergejolaknya dekadensi moral masyarakat, yang hampir secara keseluruhan diakibatkan oleh penyiaran media, baik cetak ataupun elektronik, bahkan audio visual, hal itu merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan dan diperjuangkan.
Banyak sekali hambatan dan tantangan bagi mereka yang tetap konsisten dan Istiqomah menjalankan apa yang sudah dicontohkan Rasulullah Saw. Kita kenal saat ini banyak bermunculan lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan yang menyuarakan hidupnya Syari’at Islam di Indonesia, yang tiada lain bertujaun untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan menjadi Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghafuur. Namun di lain pihak, banyak pula yang secara langsung ataupun tidak langsung menghalangi upaya ini dengan berbagai cara.
Di tengah-tengah suasana seperti inilah, masyarakat muslim mulai merindukan ketenangan dan keselarasan yang murni bersumber dan sebagai akibat dari perilkau yang mencontoh Rasulullah Saw, sehingga mereka mulai mencari suatu alternative hiburan baru yang tidak hanya sekedar menghibur, tapi juga mendidik dan menjadi tuntunan bagi penikmatnya.

2. Fokus Masalah
Setiap aspek tentang manusia memang selalu menarik untuk dijadikan pembahasan, karena dari sana, kadang-kadang timbul permasalahan-permasalahan yang menyita perhatian. Salah satu aspek yang ingin penulis ketengahkan di sini adalah hal-hal yang menyangkut respon positif dari hasil baca novel Ayat-ayat Cinta beserta faktor-faktor yang menyertainya.

3. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung dan benar pengaruh praktis yang terjadi pada beberapa masyarakat muslim kota Bandung yang sudah selesai membaca novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazi berikut dengan faktor-faktor yang mungkin dapat mendukung dan melatarbelakangi terjadinya perubahan perilaku mereka.
4. Kerangka Teori
Dalam penelitian yang akan penulis lakukan ini, penulis menggunakan teori dari Stanley Fish (1938) tentang reader response bahwa 1) The same readers will perform differently when reading two different texts. 2) Different readers will perform similarity when reading the same texts“Bukanlah suatu peristiwa ataupun fenomena, tetapi sebagai suatu proses yang berkelanjutan dimana para pembaca menyesuaikan dan mengambil atau mempraktekkan apa yang dia pahami dari hasil baca sebuah naskah atau teks.

5. Metologi Penelitian
Dalam penelitian yang akan penulis lakukan ini, penulis menggunakan metode Etnografi, yaitu dengan cara melukisan dan menganalisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau kelompok manusia, dalam hal ini mahasiswa dan beberapa masyarakat Kota Bandung lainnya, yang sebagian berprofesi sebagai karyawan, pendidik, dan profesi lainnya. Dalam hal ini Ethnografi merupakan salah satu kajian ilmu lintas budaya yang mengkaji aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari atau objek penelitian, yang berfungsi sebagai sebuah standarisasi penilaian. Dalam hal ini penulis mencoba menerapkan metode tersebut terhadap sasaran penelitian yang penulis maksud.
Dengan dugaan bahwa, mahasiswa/mahasiswi dan beberapa masyarakat Kota Bandung mengalami suatu pencerahan baru akibat membaca novel tersebut didasarkan pada beberapa faktor eksternal dan internal, yang secara terperinci akan diuraikan sebagai berikut.

a. Menentukan Sasaran (target) Penelitian
Sasaran (target) penelitian ini adalah para mahasiswa/i UIN dan beberapa masyarakat Kotan Bandung yang sudah selesai membaca novel Ayat-ayat Cinta.

b. Data
Berdasarkan wawancara singkat yang telah penulis lakukan dengan semua kalangan masyarakat yang sudah selesai membaca novel Ayat-ayat Cinta, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
- Minat awal membaca novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazi adalah ketika ada kabar bahwa novel ini merupakan novel best seller 2005 yang sedang populer.
- Membaca novel ini berbeda dari membaca novel-novel lain. Membaca novel ini penuh dengan keseriusan dan pembaca terus penasaran sehingga mereka mampu menamatkannya dalam waktu maksimal 3 hari.
- Adanya ketertarikan tersendiri ketika melewati setiap chapter dalam cerita novel tersebut.
- Banyak pelajaran positif yang dapat diambil dari kisah dalam novel tersebut.
- Pembaca memperoleh wawasan dan pengetahuan baru dalam memahami Islam.
- Pembaca tertarik pada gaya penulis menyampaikan pesan-pesan moral, baik firman Allah, sabda Rasul, bahkan sampai fatwa para Ulama.
- Pembaca terbawa arus bagaimana indahnya hidup besertakan Allah Swt dan nikmatnya hidup berlimpahan ridho Allah Swt.
c. Sumber Data
Sumber data yang penulis temui dan pintai informasinya meliputi beberapa kalangan, yang secara lebih rinci penulis kategorikan ke dalam dua jenis, yaitu primer dan sekunder.
Sumber data primer yang berhasil penulis temui dan wawancarai terdiri dari beberapa orang mahasiswa/i yang sudah selesai membaca novel Ayat-ayat Cinta yang secara umum belum berumah tangga.
Sedang kan sumber data sekunder yang berhasil penulis temui dan wawancarai juga terdiri dari beberapa sumber dari kalangan guru, karyawan, karyawan, yang umumnya sudah berkeluarga.

d. Tekhnis Pengumpulan Data
Tekhnis pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan tekhnik wawancara mendalam tersembunyi atau hidden and deep interview.
Adapun wawancara yang telah dilakukan adalah dengan cara mendatangi langsung sumber informasi yang dimaksud

e. Tekhnik Analisis Data
Dalam penelitian ini, setelah penulis berhasil mendapatkan beberapa informasi awal penting yang dijamin kebenaran dan keakuratannya, maka tekhnik analisis data yang akan penulis lakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Identifikasi data yang telah telah didapat, yaitu dengan mengidentifikasikan beberapa informasi awal tentang berbagai hal yang meyangkut respon positif hasil membaca novel Ayat-ayat Cinta.
- Kategorisasi Data, yaitu dengan mengkategorikan Data yang telah penulis dapatkan ke dalam tiga kategori, yakni :
Nilai Budaya, yaitu membandingkan setiap informasi yang didapat ke dalam Nilai Budaya yang berlaku di Negara ini.
Etika, yaitu dengan membandingkan dan mengkaji setiap informasi yang didapat ke dalam Etika yang berlaku di Negara ini.
Perilaku, yaitu dengan cara menelaah latar belakang dan berbagai faktor yang mengakibatkan perubahan perilaku dari negative menjadi poritif.

REFERENCES:
Habiburrahman El-Shirazi, 2005, Ayat-ayat Cinta, Novel Pembangun Jiwa, Republika, Semarang
Stanley Fish, 1938, Interpreting the Variorum, Rhetoric and reader response’
Damen, Loise, 1987, Cultural Learning, The Fifth Dimension in the Language Classroom, Addison-Wesley Publishing Company, USA
J. Moleong, Lexy. Prof. DR. M.A. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Rosda Karya
Freud, Sigmund. 1980. Suatu Pengantar ke Dalam Ilmu Jiwa Sigmund Freud. Jakarta: PT. Pembangunan
Rangkuti Hasibuan, Sofia. DR. Hj. MA. 2002. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia: Teori dan Konsep. Jakarta : Dian Rakyat

0 komentar:

Poskan Komentar

 

World of Mine Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates